1. TANAH BUMBU
  2. KOMODITAS

Perkuat Ekonomi Warga, Pemkab Tanah Bumbu Gelar Tanam Jagung Bersama

Jagung dipilih dalam gerakan ini sebab, tanaman tersebut merupakan komoditi yang cocok untuk lahan di Tanah Bumbu. Selain itu, jagung juga..

Gerakan penanaman jagung di Tanah Bumbu (Humas Tanah Bumbu). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Ariyanti Ratna | Rabu, 17 Mei 2017 17:45

Otonomi.co.id, Tanah Bumbu - Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita), menggelar gerakan tanam jagung bersama.

Gerakan yang dilakukan dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat, dan menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai sentra perekonomian itu, dipusatkan di Desa Manunggal, Karang Bintang, Tanah Bumbu. Kegiatan tersbeut dilakukan pada Rabu 17 Mei 2017.

Wakil Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor melakukan simbolisasi kegiatan tanam jagung, yang kemudian diikuti oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 1022 TNB Mustakim, Kapolres Tanah Bumbu Kus Subiyantoro, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Camat Karang Bintang, serta tokoh masyarakat Desa Manunggal.

Menurut Koordinator Gempita Kabupaten Tanah Bumbu Markuwat, gerakan penanaman jagung merupakan bentuk pemanfaatan lahan tidur di Kabupaten Tanah Bumbu.

Gempita telah bekerjasama dengan perusahaan daerah. Perusahaan tersebut sudah melakukan verifikasi untuk kegiatan penanaman jagung.

"Untuk penanaman perdana ini, kita sudah mempersiapkan lahan seluas 20 hektare yang berada di wilayah Desa Manunggal," ujar Markuwat

Menurut dia, jagung adalah komoditi yang cocok untuk lahan di Tanah Bumbu. Selain itu, jagung juga memiliki waktu panen yang lebih singkat, dibanding tanaman lain.

Kepala Bidang Tanaman dan Hortikultura Dinas Pertanian Tanah Bumbu Zainal Arifin, menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Kata dia, gerakan ini merupakan awal kebangkitan para petani di Tanah Bumbu.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Dinas Pertanian Tanah Bumbu telah memberikan bantuan peminjaman dua unit alat pertanian, berupa traktor untuk membuka lahan. "Tahun 2016 Tanah Bumbu sudah swasembada padi, dan diharapkan melalui kegiatan ini tahun depan bisa swasembada jagung," ujar Markuwat.

 

(Humas Tanah Bumbu)

 

PILIHAN EDITOR

(AR/AR)
  1. Kalimantan Selatan
  2. Kabupaten Tanah Bumbu
  3. Tanah Bumbu
KOMENTAR ANDA