1. TANAH BUMBU
  2. NEWS

Metode Perawatan Luka Secara Modern Segera Diterapkan di Tanah Bumbu

Tren saat ini adalah merawat luka dengan teknik lembab yang punya banyak kelebihan.

Pelatihan tenaga medis (IST). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rikko Ramadhana | Rabu, 17 Mei 2017 15:45

Otonomi.co.id, Tanah Bumbu - Certifed Wound Cara Clinical Associate (CWCCA) menggelar pelatihan kepada 32 tenaga medis baik dokter maupun keperawatan di berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Tanah Bumbu Muhammad Ridhani mengataka para tenaga medis tersebut akan diberikan pelatihan metode perawatan luka modern selama empat hari yang dimulai hari ini, Rabu 17 Mei 2017. "Para peserta akan diberi metode pelatihan praktik langsung dari beberapa narasumber," ujar Ridhani.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, kata dia, agar para tenaga medis mampu memberikan asuhan keperawatan luka secara holistik sebagaimana diatur dalam organisasi.

Ridhani mengatakan, para peserta pelatihan tersebut dibekali cara mengobati luka secara modern. Tren saat ini adalah merawat luka dengan teknik lembab yang punya banyak kelebihan.

"Metode ini akan menjadi langkah tepat untuk dijalankan agar jenis luka yang diderita pasien cepat kering dan berangsur membaik," tuturnya.

Jika sebelumnya perawatan luka dilakukan dengan metode balutan konvensional yakni dengan cara mengganti perban satu atau dua hari sekali, dengan metode baru ini, perban akan dibuka selama tiga hari dan luka yang diderita akan lebih cepat kering.

Ridhani juga berharap agar perawat di Kabupaten Tanah Bumbu dapat mengaplikasikan metode ini.

"Diharapkan ini segera dilakukan dalam melakukan praktik di sejumlah puskesmas atau rumah sakit pada akhir pelatihan nanti ," ujarnya.

PILIHAN EDITOR

(RR/RR)
  1. Kabupaten Tanah Bumbu
  2. Tanah Bumbu
KOMENTAR ANDA