1. TANAH BUMBU
  2. NEWS

Peringatan HUT ke-72 RI di Tanbu Dimeriahkan Drama Kolosal Perjuangan

Drama ini menceritakan di mana bersatunya seluruh elemen masyarakat dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan HUT Kemerdekaan ke-72 RI di Kabupaten Tanah Bumbu (Humas Tanbu). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rizki Astuti | Kamis, 17 Agustus 2017 17:22

Otonomi.co.id, Tanah Bumbu - Upacara HUT ke-72 RI di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan dimeriahkan penampilan Drama Kolosal Perjuangan yang dimainkan anak-anak dari Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pawisata Tanah Bumbu, Kodim 1022 Tanah Bumbu, serta anak-anak SMPN 1 Kusan Hilir. Drama kolosal itu berjudul Tetes Darah Perjuangan.

Drama ini menceritakan di mana bersatunya seluruh elemen masyarakat dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Drama Kolosal Perjuangan ditonton langsung oleh Bupati Tanbu Mardani H Maming, Wakil Bupati Tanbu H Sudian Noor, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tanbu, anggota DPRD Tanah Bumbu, pejabat Pemkab Tanbu, tokoh agama, pimpinan organisasi politik, organisasi masyarakat, organisasi pemuda, veteran, pejuang, dan seluruh tamu undangan.

Sementara itu, upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke 72 RI di Tanbu dimulai pada pukul 10.00 Wita. Mardani bertindak sebagai inspektur upacara, sedangkan komandan upacara adalah Inspektur Satu Abdul Jalil yang merupakan lulusan akademi kepolisian 2012.

Detik-detik Proklamasi ditandai dengan bunyi sirine selama satu menit. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Tanbu H Supiansyah. Sedangkan doa dibacakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanbu H Abdul Basit.

Bertindak selaku petugas pembawa baki bendera merah putih yaitu Elsa Laila Diah Pratiwi dari SMKN 2 Simpang Empat. Sedangkan yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih yaitu M Taufikkurahman dari SMKN 2 Simpang Empat, penggerek bendera yaitu Rian Ogi Pangestu dari SMAN 1 Simpang Empat, dan pembawa bendera Akhmad Fauzi dari SMAN 1 Simpang Empat.

Rangkaian upacara peringatan Kemerdekaan juga diisi dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tanbu. Ada Enam ASN menerima penghargaan satya lencana yaitu Satya Lencana 30 Tahun diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanbu Erno Rudi Handoko dan Lurah Kota Pagatan Muhammad Ishaq.

Untuk Satya Lencana 20 Tahun diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika,  Ardiansyah, dan Kepala Dinas Kesehatan HM Damrah. Kemudian Satya Lencana 20 Tahun diterima oleh Kepala Bagian Hukum Setda Tanbu Ikhsan Budiman dan guru SMPN 5 Mantewe Parhan.

Selain itu, juga diserahkan penghargaan dan piala kepada para pemenang berbagai lomba dan pemberian ucapan selamat oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming kepada para pemenang lomba. Lalu dilanjutkan dengan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan, Mattone, di Kecamatan Kusan Hilir.

PILIHAN EDITOR

(RA/RA)
  1. Kalimantan Selatan
  2. Kabupaten Tanah Bumbu
KOMENTAR ANDA