1. TANAH BUMBU
  2. NEWS

Pemkab Tanah Bumbu Daftarkan BPJS Kesehatan Pegawai Non PNS

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan daerah pertama di Kalimantan Selatan yang mendaftarkan pegawai non PNS.

Pendaftaran PPNPN Tanah Bumbu menjadi peserta BPJS Kesehatan (Humas Tanah Bumbu). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Ariyanti Ratna | Jum'at, 19 Mei 2017 13:36

Otonomi.co.id, Tanah Bumbu - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) akan mendaftarkan para Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan di tahun 2017 ini.

Didaftarkannya para PPNPN merupakan bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap kesejahteraan dan kesehatan para pegawainya.

Menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tanah Bumbu Rooswandi Salem, didaftarkannya PPNPN menjadi peserta BPJS Kesehatan merupakan wujud komitmen pemerintah daerah yang mendengarkan masukan dari para pegawai khususnya non PNS. Mereka ingin mendapatkan fasilitas kesehatan sebagaimana yang didapat oleh PNS.

"Didaftarkannya pegawai non PNS ini sebagai jawaban atas masukan yang diberikan, dan wujud kepedulian pemda terhadap para pegawai yang turut terlibat membangun daerah," ujar Rooswandi.

Untuk para pegawai non PNS yang menjadi peserta BPJS Kesehatan, tambah Rooswandi, akan dikenakan iuran sebesar lima persen dari gaji pokok setiap bulannya. Dari iuran tersebut, Pemkab Tanah Bumbu melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), akan menanggung iuran sebesar tiga persennya. Sedangkan dua persennya, dibayar oleh pegawai yang bersangkutan.

Pendaftaran Pegawai Pemerintah Non PNS Tanah Bumbu menjadi peserta BPJS Kesehatan
© 2017 otonomi.co.id/Humas Tanah Bumbu

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pegawai non PNS. Saat ini, pegawai yang didaftarkan adalah yang memiliki gaji perbulan minimal Rp1,7 Juta.

"Kami berharap ada kebijakan dari pihak BPJS Kesehatan agar semua pegawai non PNS di Tanah Bumbu terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Baik Pegawai Tidak Tetap (PTT) Umum, PTT Khusus, maupun tenaga kontrak," ujar Rooswandi.

Dari total ribuan pegawai non PNS, saat ini BPKAD telah merangkum ada 949 pegawai yang telah memenuhi kriteria BPJS. Termasuk pegawai non PNS yang memiliki risiko dalam bekerja, khususnya petugas lapangan.

"Mudah-mudahan ke depannya semua pegawai non PNS bisa diterima menjadi peserta BPJS Kesehatan," ucapnya.

Rooswandi pun meminta keterlibatan dan keaktifan dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Tanah Bumbu, untuk mendaftarkan pegawai, khususnya non PNS. Juga keaktifan dalam melakukan pembayaran iuran, hingga manfaat menjadi peserta BPJS Kesehatan dapat dirasakan langsung oleh peserta.

Kepala Kantor Layanan Operasional BPJS Kesehatan Tanah Bumbu Aslamiyah, mengatakan awal Juni 2017 kartu kepesertaan sudah bisa diaktifkan.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Tanah Bumbu Idjra'i, mengatakan bahwa sosialisasi ini penting bagi pembekalan.

"Terima kasih pada BPJS yang terus memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Tanah Bumbu," ujar Idjra'i.

Kabupaten Tanah Bumbu merupakan daerah pertama di Kalimantan Selatan yang mendaftarkan pegawai non PNS sebagai peserta BPJS Kesehatan.


(Humas Tanah Bumbu)

 

PILIHAN EDITOR

(AR/AR)
  1. Kalimantan Selatan
  2. Kabupaten Tanah Bumbu
  3. Tanah Bumbu
KOMENTAR ANDA