1. TANAH BUMBU
  2. RAGAM

Camilan Khas Tanbu Ini, Dijamin Bikin Tak Berhenti Ngunyah

Amplang yang bisa didapatkan di seantero Tanbu juga dikenal menyehatkan karena tidak mengandung zat kimia.

Amplang Tanah Bumbu (Merdeka.com). ©2017 Otonomi.co.id Reporter : Rizki Astuti | Kamis, 12 Januari 2017 08:04

Otonomi.co.id, Tanah Bumbu - Amplang merupakan salah satu camilan khas Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan. Jika sudah mencoba gurihnya amplang, pasti lidah dan gigi tak berhenti mengunyah, sampai tak terasa sebungkus Amplang dihabiskan.

Amplang sama seperti jajanan khas Pulau Kalimantan lain. Pada dasarnya bahannya terbuat dari ikan tenggiri pilihan dan tepung kanji.

Dikutip dari Merdeka.com, tidak hanya terkenal gurih dan renyah, Amplang yang bisa didapatkan di seantero Tanbu juga dikenal menyehatkan karena tidak mengandung zat kimia.

Cara pembuatannya pun mudah, ikan tenggiri dan tepung sudah digiling lalu dicampur dan dijadikan adonan serta dipotong-potong sebelum digoreng dengan minyak. Kemudian adonan tersebut tidak dicampur dengan zat pengawet, pemanis, atau zat pewarna.

Untuk itu, amplang merupakan camilan yang menyehatkan. Sesudah digoreng bentuknya juga lucu, akan mirip kapsul ukuran jumbo yang seolah bisa jadi mainan anak-anak.

Dalam membuat amplang, masyarakat Tanbu lebih mengedepankan kualitas dibandingkan keuntungan. Oleh karena itu tunggu apalagi, jika Anda jalan-jalan ke Tanbu jangan lupa ya untuk membeli Amplang.

Hanya dengan Rp95-120 ribu per kotak, Anda sudah bisa mencicipi buah tangan khas Tanbu. Karena tak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan yang gurih ini.

PILIHAN EDITOR

(RA/RA)
  1. Kalimantan Selatan
  2. Kabupaten Tanah Bumbu
  3. Tanah Bumbu
  4. Pariwisata
KOMENTAR ANDA